Bacaan Sholawat Tibbil Qulub (Syifa) Dan Khasiatnya

Shalawat Thibbil Qulub atau sholawat Syifa adalah  shalawat yang sering digunakan untuk wasilah penyembuhan suatu penyakit. Dari segi bahasa,  Thibbil Qulub artinya adalah obat hati, sedangkan Syifa adalah penyembuh. Para ulama dan kyai sering mengajarkan shalawat ini untuk tujuan penyembuhan penyakit.

Meskipun pernah dikatakan shalawat ini dapat mendatangkan syirik, tapi ini terjadi bila shalawat ini disalahartikan dalam penerjemahannya.
Yang penting adalah kita harus ingat bahwa segala penyakit dan musibah yang datang semua dari Alloh SWT dan penyembuhnya juga dari Alloh SWT.

Segala obat adalah sebagai perantara atau asbab, dan usaha kita sebagai hambaNYA yang tetap yakin Alloh SWT adalah musabab dan penentu diatas kesembuhan seseorang dan insyaAlloh shalawat Thibbil Qulub atau Syifa’  ini juga dapat dijadikan salah satu amalan  untuk menyembuhkan penyakit.


Bacaan Sholawat Tibbil Qulub (Syifa) dhan Kasiatnya :

Arab
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ 
Latin
Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.
Artinya
“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad Bagaikan penyembuh hati sekaligus obatnya, membagikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang Jadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau membagikan barokah dan kesejahteraan”
Semoga lafadz sholawat syifa diatas bermanfaat untuk kita semua. Inysaallah bila rutin membaca dan mengamalkannya Bagaikan dzikir dan wirid maka akan terhindar dari segala macam penyakit lahir dan batin. juga diusahakan untuk membacanya sesering mungkin dan dengan cara istiqomah terutama selepas sholat fardhu. wallahu a’lam.

Semoga Bermanfaat...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar